Kamis, 16 Januari 2014

Salatiga Kota Kecil yang Bermakna

Kota kelahiranku sebenarnya bukan di Salatiga, Aku dilahirkan di Kabupaten Semarang. Salatiga hanya sebuah Kota kecil, kalah populer jika dibanding Kota Semarang, Kota Solo ataupun Kota Magelang. Tidak ada yang menonjol dikota ini, tidak ada pariwisata atau bentang alam yang menjadi daya tarik dikota ini. Mungkin hanya Gunung Merbabu dan Universitas Satya Wacana saja yang membuat kota ini lebi dikenal oleh sebagian masyarakat luar daerah. Tapi aku tidak akan menceritakan Kota Salatiga ini, karena aku memiliki cerita hidupku sendiri. Cerita yang belum tentu setiap orang memilikinya.
Masa remajaku saat ini mungkin akan kuhabiskan ditempat ini. Masa SMPku sudah kuhabiskan ditempat ini selama 3 tahun. Masa SMAku juga sudah aku jalani 1,5 tahun di kota ini. 4,5 tahun di kota ini, banyak hal dan kenangan yang kudapat dikota ini. Suatu saat mungkin aku akan merindukan kota ini, saat aku sudah meninggalkannya atau mungkin juga aku akan tetap tinggal disini dan mengukir namaku ditempat ini, mungkin waktu saja yang akan menjawabnya.
Di Kota ini aku mulai mengenal arti hidup yang sebenarnya. Aku dididik dikota ini, kota kecil ini yang mengajariku tentang berbagai hal didunia ini yang belum aku mengerti sebelumnya. Dari kota inilah aku mulai mengenal arti pertemanan sebenarnya, teman sejati yang selalu menemaniku disaat sedih dan senang ataupun teman yang hanya datang ketika sedang senang saja.
Dari kota ini aku mulai mengenal jatuh cinta dengan lawan jenis dan juga sakit hati karena cinta.
Kota yang telah membuka mataku tentang luasnya dunia ini.
Dari sinilah aku mulai menemukan jati diriku, jati diri yang mungkin sulit kutemukan ditempat lain.
Dari Kota inilah seorang anak desa mulai merajut mimpi-mimpinya, sebuah mimpi yang akan membuatnya jadi manusia sebenarnya.
Sekali lagi kota ini yang telah mewujudkan sebagian mimpi-mimpi kecilku.
Kota kecil inilah yang telah mengajariku semua itu, kota yang tak akan pernah aku lupakan sampai akhir hayatku nanti. Entah kapan aku bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kota ini, karena kota ini telah mengajarkan semua hal yang belum pernah aku ketahui sebelumnya. Karena hidup ini yang terpenting adalah apa yang bisa kita berikan pada dunia ini, bukan apa yang dunia berikan kepada kita. Jika kita tidak bisa memberikan sesuatu kepada dunia ini berarti kita sudah gagal dalam hidup. Tapi suatu saat nanti pasti aku akan berikan sesuatu kepada kota ini!
Salam Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar