Senin, 27 Januari 2014

Bencana? Kehendak Tuhan atau Kebodohan Manusia

Bencana tak henti-hentinya menghantui negeri ini. Baru saja tersiar kabar kalo Gunung Sinabung meletus. Belum sempat tuntas penanganannya Banjir kembali menerjang Jakarta, bukan hanya jakarta saja tapi hampir semua wilayah di Jawa dan sebagian diluar Jawa terkena banjir. Banjir juga belum ditangani dengan maksimal, gempa bumi menghancurkan rumah-rumah di Kebumen dan sekitarnya. Dan masih banyak bencana lainnya. Mungkin bencana-bencana diatas disebabkan oleh kebodohan manusia itu sendiri.
Manusia memang mahluk paling sempurna didunia ini, diberi akal dan hawa nafsu. Manusia diberi akal pikiran untuk berfikir, tapi manusia seolah-olah tidak menggunakan akal pikirannya untuk memikirkan alam ini. Mereka terus saja mengambil Sumber daya alam ini semaunya. Mereka tidak pernah puas dengan apa yang sudah mereka miliki. Mereka terus saja mengambil sumber daya alam ini tanpa perhitungan. Tetapi yang lebih parah lagi mereka mengambil sumber daya alam ini tanpa memberi timbal balik kepada alam, masih merusak pula! Mereka tidak berfikir keseimbangan alam ini dan akan diberi apa anak cucu mereka kelak? hanya uang saja mungkin yang di otak mereka.
Uang itu tidak bisa dimakan bro, uang tidak bisa membuat kita kenyang!!
Sekarang mungkin alam telah murka kepada kita, sekarang alam membalas semua perbuatan kita yang sewenang-wenang tehadap alam! Alam ini tidak bisu/buta bro!! Alam ini juga bisa merasakan perbuatan kita terhadapnya, alam ini juga bisa membalas apa yang kita lakukan.
Gunung Sinabung yang terus mnyemburkan lava dan awan panas, itu mungkin kehendak dari Tuhan. Terus Gempa Bumi itu juga kehendak Tuhan, kedua itu memang gejolak alam dan kehendak Tuhan. Tapi kalo Banjir? Tanah longsor? Ataupun cuaca ekstrim? Itu juga difatwa karena kehendak Tuhan? Yang bilang begitu BODOH! Semua itu sudah dijelaskan pada Al Qur'an QS Ar Rum 41-42 bro! Disitu tertulis jelas bahwa kerusakan didunia ini akibat manusia sendiri, dan Allah SWT akan menurunkan azab/bencana agar manusia merasakan akibat perbuatannya. Jadi sudah jelas bahwa bencana itu akibat perbuatan manusia sendiri.
Banjir, tanah longsor, cuaca ekstrim ini memang bencana, semua ini tak akan terjadi jika kita lebih bijak kepada alam dan selalu merawatnya bro!
Alam sudah memberikan semuanya untuk kita bro, waktunya kita berikan yang terbaik juga untuk alam ini. Jika tak mampu merawat mungkin tidak merusak saja sudah cukup! 
Kita tidak diwariskan alam oleh nenek moyang kita, kita hanya meminjam alam ini dari anak cucu kita!
Salam lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar